Bahaya Kurang Minum Air Putih, Tidak Banyak Yang Tahu

Air putih sangat penting bagi tubuh kita. Proses pencernaan, peredaran darah, sistem imun memerlukan air putih untuk memperlancar prosesnya. Maka dari itu, jika kita kurang minum air putih maka akan menimbulkan banyak masalah, berikut ini diantaranya.

 

Masalah serius pada organ ginjal

Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting yaitu menyaring cairan di dalam tubuh. Dalam proses meyaring, organ ginjal sangat membutuhkan air agar bisa berfungsi dengan baik. Apabila kondisi tubuh kekurangan cairan mengakibatkan ginjal menjadi bekerja terlalu keras, sehingga membahayakan ginjal. Selain itu, kotoran atau zat-zat beracun (yang harusnya dapat disaring) tidak dapat dikeluarkan secara sempurna keluar tubuh, sehingga racun masih berada di dalam tubuh.

 

 

Sembelit

Air dapat membantu usus besar untuk mencerna makanan dan membantuk tinja. Tapi, jika usus besar tidak berkontraksi dengan baik, maka usus akan menyerap terlalu banyak air sehingga menyebabkan sembelit.

 

Menurunkan sistem kekebalan tubuh

Jika kita sampai kurang minum, maka cairan yang dikeluarkan dalam bentuk urine tidak akan sebanyak biasanya. Padahal, jika sampai racun dan limbah tidak benar-benar dibuang dengan baik, maka sistem kekebalan tubuh akan terganggu dan kita pun akan lebih mudah jatuh sakit.

 

Menganggu kekuatan otot, sendi dan temperatur tubuh

Apabila tubuh kekurangan cairan meski hanya sebanyak 5% dari kebutuhan hariannya, maka akan menyebabkan kekuatan otot terganggu. Sebab, air juga berfungsi untuk melumaskan sendi agar gerakan tubuh tetap lancar dan mencegah kekauan. Selain mengalirkan oksigen ke otak, air pun berfungsi mengalirkan oksigen ke otot, terutama ketika otot digunakan untuk berolahraga.

 

Gangguan kulit

Kurang minum air putih menyebabkan kulit kita kehilangan kesegaran dan elastisitasnya. Kurang cairan tubuh membuat enzim tidak mampu berfungsi dengan baik dalam menjaga kesehatan kulit.Akibatnya, kulit terlihat kusam, kering, kasar dan mudah rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *