Cara Membuat File ISO

Cara Membuat File ISO (Terbaru dan Termudah)

Cara Membuat File ISO – Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat orang tidak bisa lepas dari kehadiran teknologi. Sebagai pengguna komputer dan internet, tentunya anda akan sering melihat banyaknya tipe file. Salah satu tipe file yang pastinya sering anda jumpai saat menjelajah internet adalah file dengan ekstensi ISO. Sebagian dari anda mungkin juga masih belum tahu mengenai file jenis ini. Bahkan anda juga pasti merasa bingung saat melihat file ini beserta kegunaan dan fungsinya. Jadi sebelum tahu cara membuat file ISO sebaiknya ketahui dulu pengertiannya. File ISO merupakan suatu file yang berisi kumpulan data yang dimaksudkan sebagai image atau gambar dari CD maupun DVD yang dapat disimpan sebagai file digital sebagai pengganti peran media CD atau DVD tersebut.

Jika ingin membuka file ini, maka anda cukup menginstal aplikasi pihak ketiga yang memang dirancang secara khusus untuk menangani file ISO. File ISO ini juga memiliki berbagai macam kegunaan. Terutama bagi anda yang menggunakan komputer tanpa drive CD atau DVD maupun yang drvie untuk keduanya telah rusak. Hal itu karena anda tidak perlu memasukkan CD atau DVD dalam perangkat anda. Melainkan anda hanya membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses file ini dalam komputer anda. Aplikasi tersebut dapat membuat suatu drive CD atau DVD virtual dalam komputer. Hal ini akan memungkinkan anda dalam mengakses file image CD atau DVD tanpa membutuhkan drive CD atau DVD room.

Seperti halnya burning melakukan CD atau DVD, anda juga dapat memuat berbagai macam data maupun file untuk dibuat dalam bentuk file ISO. Namun tentunya anda harus tahu cara membuat file ISO untuk mewujudkannya. File ISO yang telah dibuat dapat anda salin ke dalam CD atau DVD. Bahkan jika anda tidak menginginkan hal tersebut, maka anda dapat menyimpannya di media penyimpanan lain. Sehingga anda tidak harus bergantung pada perangkat CD atau DVD. Proses yang dilakukan untuk backup data pun menjadi jauh lebih cepat.

Berikut merupakan beberapa cara membuat file ISO yang dapat anda gunakan.

 

Membuat File ISO Menggunakan PowerISO

Cara Membuat File ISO

PowerISO merupakan salah satu program yang dapat digunakan dalam mewujudkan cara membuat file ISO  dari CD, DVD, maupun Blu-ray. Semua informasi yang ada pada disc akan disalin oleh PowerISO, termasuk juga boot information. Dengan begitu, maka Anda juga dapat membuat bootable ISO menggunakan program ini. Jika anda berniat untuk mencobanya maka bisa ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. langkah pertama yang tentunya harus dilakukan adalah dengan download dan install aplikasi PowerISO pada komputer yang anda miliki.
  2. kemudian buka aplikasi PowerISO yang sudah selesai di install
  3. langkah selanjutnya dengan cara klik tombol New> Data CD /DVD.
  4. jika sudah maka klik tombol Add.
  5. setelah itu maka akan keluar windows atau jendela browse. Jika sudah pada tahap ini maka cara membuat file ISO, anda akan dipersilahkan memilih file/data/folder yang ingin anda simpan dan jadikan dalam file ISO. Setelah selesai memilih file yang diinginkan, klik tombol Add.
  6. nantinya anda akan secara otomatis diarahkan pada jendela utama dalam aplikasi PowerISO ini. Anda akan diperlihatkan list atau daftar file yang sebelumnya sudah dipilih untuk dijadikan file ISO.
  7. Kemudian, anda tinggal lihat di pojok kanan bawah dari aplikasi PowerISO yang sedang anda buka. Silakan anda pilih media penyimpanan sesuai dengan ukuran file yang sudah dipilih. Anda bisa memilih media penyimpanan apapun yang bisa disesuaikan saat memilih.
  8. jika sudah maka cara membuat file ISO dengan klik tombol Save.
  9. Selanjutnya anda langsung dihadapkan dengan adanya jendela penyimpanan. Silakan tentukan lokasi untuk menyimpan file ISO tersebut, juga jangan lupa untuk memberi nama pada file ISO anda sesuai dengan kebutuhan sehingga gampang ketika akan mencarinya. Namun sebelumnya anda harus memilih tipe file yang akan disimpan (dalam hal ini adalah tipe “Standard ISO Images (*.iso)) kemudian klik tombol Save.
  10. jika sudah maka tunggu beberapa saat hingga proses penyimpanan selesai. Jika sudah maka anda akan secara otomatis diarahkan pada folder penyimpanan, dan File ISO anda pun telah siap digunakan.

 

Membuat File ISO Menggunakan Daemon Tools Lite

Cara Membuat File ISO

Salah satu program terbaik yang dapat digunakan untuk merealisasikan cara membuat file ISO adalah Daemoon Tools Lite. Bahkan anda bisa mendapatkan program ini secara gratis untuk kemudian membantu anda mengubah file dalam bentuk ISO. Simak beberapa

  1. langkah awal dengan download dan install aplikasi Daemon Tools Lite pada komputer anda.
  2. selanjutnya buka aplikasi Daemon Tools Lite.
  3. Pada tampilan yang sama anda harus mengklik New Image.
  4. Kemudian pilihlah Create a Data Image.
  5. Selanjutnya akan ada tampilan jendela pembuatan image baru. Jika ingin membuat file ISO baru, perhatikan pada bagian Format, dan pilih Standard ISO.
  6. Arahkan kursor mouse anda pada symbol (+) untuk menambahkan file yang ingin dimasukkan dan diubah menjadi File ISO.
  7. Kemudian anda akan diarahkan ke jendela baru, cara membuat file ISO dengan memilih file yang ingin anda buat menjadi file ISO. Anda dapat memilih lebih dari satu file sekaligus dengan cara menekan CTRL pada keyboard dan klik file yang ingin anda masukkan menggunakan mouse. Jika sudah selesai memilih, klik tombol Open.
  8. Selanjutnya anda langsung diarahkan ke halaman Create a Data Image. Kemudian anda bisa melihat file-file yang sebelumnya sudah dipilih dan telah tercantum pada halaman tersebut.
  9. Selanjutnya, untuk menyimpan file ISO, anda tinggal klik browse pada laman yang tersedia.
  10. jika sudah maka anda akan diarahkan pada jendela penyimpanan. Nantinya pada jendela ini, anda dapat menentukan di mana anda akan menyimpan file ISO. Lalu cara membuat file ISO dengan menuliskan nama file ISO, jangan lupa untuk menentukan tipe file yang akan dibuat atau disimpan yakni Standard ISO images (*.iso). jika sudah maka langsung saja klik tombol Save.
  11. Jika sudah maka anda akan kembali ke aplikasi Daemon Tools Lite, klik Start untuk memulai pembuatan file ISO yang diinginkan.
  12. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, lalu klik Ok.
  13. Anda nantinya akan diarahkan pada folder penyimpanan file ISO yang baru selesai anda buat, itu menandakan bahwa file ISO anda telah tersedia dan siap digunakan.

 

Penutup

Demikianlah cara membuat file ISO menggunakan dua aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam mengolah file jenis ini. Anda bisa saja menggunakan aplikasi lain yang sejenis, yang tentunya kegunaannya juga akan membantu anda dalam membuat file ISO. Namun jika anda bingung ketika menggunakan aplikasi lain maka sebaiknya gunakan dua aplikasi yang sudah di jelaskan diatas. Selain mudah untuk didapatkan cara yang harus dilakukan untuk mengubah file menjadi bentuk ISO juga cukup mudah untuk langsung anda coba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *