Cara Print Bolak Balik (Terbaru dan Termudah)

Cara Print Bolak Balik – Jika saat ini Anda sering mencetak pekerjaan maupun dokumen pribadi menggunakan Microsoft Word. Maka umumnya anda akan mencetak hal tersebut di selembar kertas, namun tidak jarang kita juga harus print hal tersebut secara bolak balik karena memang kebutuhan yang menuntut melakukan hal tersebut. Namun tentu saja cara yang dilakukan juga akan berbeda dengan saat kita print pada satu lembar kertas biasa. Karenanya anda harus tahu cara print bolak balik sehingga hasilnya pun juga akan lebih rapi dan bagus.

Namun ada pula yang menganggap bahwa print pada satu sisi kertas juga kurang efisien. Sehingga menganjurkan kita untuk meninggalkan cara seperti itu dan mencoba untuk lebih efisien dalam menghemat kertas. Karena, mencetak satu halaman pada satu lembar kertas bisa menjadi bentuk pemborosan, terutama jika Anda harus mencetak puluhan bahkan ratusan halaman. Untuk menghemat kertas maka Anda bisa melakukan cara print bolak balik sehingga dua sisi selembar kertas bisa ter manfaatkan semuanya. Cara ini juga sudah terbukti dapat menghemat pemakaian kertas. Jika Anda harus mencetak 100 halaman, maka jika melakukan print bolak-balik Anda hanya perlu 50 lembar kertas saja. Sayangnya tidak semua orang tahu cara print bolak balik di serta tidak semua printer mendukungnya.

Namun tidak perlu khawatir, terdapat beberapa langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk bisa cara print bolak balik di segala jenis printer.

 

Ketahui Fitur Printer Anda

Cara Print Bolak Balik

Sebelum mengetahui cara print bolak balik, maka Anda harus mencari tahu apakah printer yang Anda gunakan sudah mendukung percetakan duplex (bolak-balik) atau belum. Terdapat beberapa trik mudah untuk mengetahui hal tersebut.

Via Microsoft Word

Cara mudah untuk mengetahuinya dengan membuka Microsoft Word dan tekan Print. Kemudian cari kotak yang mengindikasikan percetakan dua sisi, seperti Double-Sided, 2-Sided maupun Duplex. Selalu periksa preferensi serta pengaturan dalam menu Print sebelum Anda mulai mencetak dokumen.

Lihat buku panduannya

Jika tidak menemukannya anda bisa lihat buku panduannya dan spesifikasi printer secara manual. Buku panduan printer tersebut mungkin menyajikan informasi apakah printer tersebut mendukung percetakan dua sisi atau tidak.

Cek di internet

Jika Anda masih belum menemukan cara print bolak balik dalam printer anda di buku panduan, silahkan cari informasi secara online mengenai spesifikasi dan fitur printer Anda. Kunjungi situs resmi produsen printer atau cari saja di Google dengan kata kunci seri printer yang digunakan.

Print Secara Otomatis

Jika printer yang digunakan sudah mendukung untuk anda melakukan percetakan secara duplex, maka anda dapat langsung menerapkan cara print bolak balik. Beberapa jenis printer umumnya memang sudah menyediakan pengaturan otomatis yang dapat digunakan untuk mencetak dokumen duplex. Hal itu juga bisa dilakukan tanpa harus mengaturnya secara manual. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, maka anda tinggal beri tanda centang pada menu “Double-sided Printing” yang terdapat di bagian bawah pengaturan printer Anda saat anda akan mencetak dokumen. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu lagi melakukan pengaturan setiap kali ingin mencetak dokumen yang jumlahnya banyak. Akan tetapi, jika ternyata pengaturan otomatis tidak tersedia, maka Anda harus mengaturnya secara manual. Anda juga bisa mengubah pengaturan default menjadi duplex printing setiap kali hendak mencetak dokumen yang banyak.

 

Print Secara Manual

Cara Print Bolak Balik

Jika printer Anda tidak mendukung pencetakan duplex, maka cara print bolak balik  hal itu bisa dilakukan secara manual. Ketika mencetak duplex secara manual, maka Microsoft Word akan mencetak setiap halaman di sisi pertama lembar kertas, kemudian Anda harus membalikkan kertas sehingga halaman selanjutnya bisa dicetak di sisi lain dari kertas tersebut. Langkah-langkah yang bisa anda lakukan dengan masuk ke kotak dialog Print di bawah aplikasi Printer. Kemudian pada menu Print On Both Side, pilih Yes Flip Over. Scroll ke bawah kemudian pilih “Manual Duplex”, dan simpan pengaturan tersebut. setelahnya anda harus kembali ke dokumen di Word. Print dokumen dan Word nantinya akan meminta Anda untuk memasukkan halaman untuk dicetak pada sisi kertas selanjutnya.

Selain cara di atas, anda bisa menggunakan cara print bolak balik secara manual dengan metode yang berbeda. Cara di bawah ini sangat cocok bagi Anda yang menulis dokumen yang menggunakan tambahan halaman di bawah atau di atasnya seperti skripsi, jurnal, makalah, dan sebagainya. Langkah-langkah yang harus dilakukan dengan membuka dokumen Anda di Word Klik “Print” kemudian pilih opsi “Print Odd Numbered Pages” atau menu dengan kata-kata yang sejenis. Klik “OK” untuk mencetak halaman tersebut dan masukkan kertas ke dalam printer.

Perlu Anda ketahui, bahwa cara print bolak balik  secara manual ini mengharuskan Anda untuk mengetahui fungsi pengumpan pada kertas. Anda bisa coba terlebih dahulu sebagai sampel untuk memastikan umpan printer sebelum Anda mencetak halaman ganjil Kembali ke dokumen di Word. Kemudian pilih “Print Even Numbered Pages” dan klik “OK” untuk mencetak halaman selanjutnya pada sisi lain kertas. Cara mencetak dua sisi ini sebenarnya mudah dilakukan, meskipun bagi para pemula cara ini cukup rumit. Namun, sebagian pengusaha percetakan maupun warung internet menggunakan salah satu dari metode tersebut untuk mencetak dokumen pelanggan dengan cara cepat.

 

Tips Mencetak Dokumen Duplex

Cara Print Bolak Balik

Anda tentu bisa membayangkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan jika Anda harus mencetak dua sisi kertas secara manual. Terlebih jika anda masih belum terbiasa dengan cara print bolak balik secara manual. Karena anda harus menekan tombol Print, lalu setelah satu halaman tercetak, maka Anda harus segera membalik kertas dan menekan tombol Print lagi guna mencetak halaman selanjutnya. Karenanya, apabila Anda berencana membeli printer baru, maka sebaiknya pilihlah printer yang sudah memiliki fitur duplex.

Beberapa printer modern dari perusahaan ternama, seperti HP, Epson, Brother, Canon, serta Panasonic biasanya sudah bisa digunakan mencetak dokumen secara duplex. Namun, untuk memastikan printer yang Anda gunakan saat ini sudah mendukung percetakan duplex atau belum, ikuti saja langkah-langkah tersebut atau baca spesifikasi mengenai printer Anda melalui internet. Selain itu, cek apakah komputer Anda bisa terhubung dengan printer lain yang mendukung percetakan bolak balik. Apabila komputer bisa terhubung menggunakan mesin fotokopi atau scanner, maka sebaiknya lakukan cara tersebut. Karena kedua alat tersebut sudah mampu mencetak kertas secara bolak balik.

 

Penutup

Mencetak dokumen untuk kepentingan pribadi maupun pekerjaan di dua sisi kertas tentunya akan sangat membantu untuk mengurangi limbah kertas. Hal itu juga secara langsung akan membatasi penggunaan kertas. Dengan berhemat kertas maka anda juga secara tidak langsung telah berkontribusi dalam menjaga pohon-pohon. Karena seperti yang kita ketahui bahwa kertas berasal dari batang pohon yang diolah sedemikian rupa. Sehingga dengan menerapkan cara print bolak balik maka anda juga akan menghemat lebih banyak kertas dan tidak membuangnya secara sia-sia. Terlebih cara untuk melakukannya juga sangat mudah sehingga tidak akan menyulitkan anda dalam melakukan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *