40+ Kata Bijak Umar Bin Khattab (Sabar, Do’a, Motivasi, Teman & Cinta)

Kata Bijak Umar Bin Khattab – Umar bin Khattab, seorang khalifah kedua yang mendapatkan julukan istimewa dari Nabi Muhammad SAW yakni Al-Faruq yang berarti orang yang bisa memisahkan antara kebenaran dan kebathilan. Umar juga dogolongkan sebagai salah satu khulafaur Rasyidin. Dia merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW, bahkan beberapa hadis menyebutkan bahwa Umar merupakan sahabat nabi yang paling utama setelah Abu Bakar. Dalam sudut pandang Sunni, Umar termasuk salah satu pemimpin yang hebat, pemberani dan menjadi suri teladan dalam masalah keislaman.

Sebelum memeluk agam islam, Umar adalah orang yang sangat disegani dan dihormati oleh penduduk Mekkah, bahkan dia terkenal sebagai peminum berat. Tapi, setelah memeluka agama islam, dia tidak pernah berani menyentuh alkohol sama sekali meskipun belum diturunkan larangan meminum khamar secara tegas. Setelah memeluk islam, Umar menjadi dikucilkan dan tidak dihormati lagi oleh para petinggi Quraisy.

Banyak hal yang bisa kita ambil sebagai teladan dari kehebatan dan ketegasan sosok Umar bin Khattab, bahkan dari perkataan-perkataan yang banyak menyimpan nasehat bijak. Berikut ini kata bijak Umar bin Khattab yang harus kita ketahui dan aplikasikan di kehidupan sehari-hari.

 

 BACA JUGA KATA KATA LAINNYA JUGA:

 

Kata bijak Umar yang menyentuh hati

Kata Bijak Umar Bin Khattab

  • Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah Allah sebab tiada yang dapat memberi lebih banyak dan lebih santun selain Allah SWT.
  • Kebajikan yang ringan dilakukan adalah mengucapkan kata-kata lemah lembut kepada saudara.
  • Jangan menjadikan cintamu beban hidup dan bencimu perusak diri.
  • Orang yang paling saya cintai adalah dia yang menyampaikan aib dan kekurangan saya langsung kepada saya, bukan kepada orang lain.
  • Masalah tidak bisa diselesaikan, kecuali dengan ketegasan tanpa pemaksaan dan diserai dengan kelembutan, kelembutan yang tidak disepelekan.
  • Janganlah engkau tertipu dengan perawakan seseorang sampai dia marah dan janganlah terperdaya dengan keshalehannya sampai terlihat sifat ketamakannya.
  • Setiap manusia yang dianugerahi nikmat pasti ada saja kedengkian terhadapnya. Ketahuilah, seandainya setiap orang bisa lebih kuat dari sebatang gandum, pasti ada angin yang menggoyangkannya.
  • Sungguh Allah jika mencintai satu hamba-Nya, maka dia akan membuat semua orang mencintai hamba-Nya itu.
  • Jangan berduka atas apa yang telah menimpamu di masa lalu, kecuali jika hal itu menjadi pendorong untuk terus bekerja demi kehidupan yang lebih baik di masa depan.

 

Kata bijak Umar Bin Khattab tentang kehidupan

Kata Bijak Umar Bin Khattab

“Ketika zaman mulai rusak, jangan sampai orang berburuk sangka terhadap kebenaran. Janganlah orang muslim memberi alasan kepada orang yang berbuat ghibah, walaupun ucapannya benar. Jangan pernah membantu niat ghibahnya meskipun untuk kejujuran dan kebaikan. Sungguh penghibah yang jujur pasti membuka dan menyingkap keburukan yang ditutup-tutupi, menginjak sesuatu yang dihormati, tidak memelihara harga diri dan kehormatan orang lain. “





“Janganlah membebani pajak kepada rakyat, kecuali kepada pengusaha dan mereka yang berpendapatan besar.”





“Ada perbedaan di dalam kebutuhan hidup dan yang paling saya khawatirkan adalah ketika kebutuhan itu sedikit tapi merasa tidak ada kekurangan dan tidak disertai perbaikan. Sedangkan adapun yang banyak tidak tersisa dan disertai kerusakan.”





“Merasa cukup yang disertai dengan niat yang baik lebih baik daripada banyak tapi disertai dengan pemborosan. “





“Ketahuilah bahwa mereka mengandalkan logika, berbicara berdasarkan logika adalah musuh-musuh sunnah. Perhatian mereka sangat besar terhadap hadist yang dihafal tapi setelah itu mengeluarkan sesuka hati sesuai pendapat mereka. Sesungguhnya mereka sesat dan menyesatkan. Ketahuilah! Kita ini meniru bukan justru memulai sesuatu, kita mengikuti jejak bukan yang membuat yang baru (bid’ah). Keteguhan terhadap apa yang kita lakukan adalah tidak akan pernah menyesatkan. “





“Orang-orang yang bertawakkal adalah yang senantiasa menebarkan cintanya di bumi dan berserah diri hanya kepada Allah.”





“Janganlah sekali-kali orang yang tidak mengerti agama dan tidak pandai menimbang dengan adil berdagang di pasar. “





 

Kata bijak Umar Bin Khattab tentang pergaulan

Kata Bijak Umar Bin Khattab

  • Sungguh yang melekatkan cinta dan kasih sayang saudaramu yakni memulai salam ketika berjumpa, memanggilkan nama yang paling disukainya, dan melapangkan dalam pertemuannya.
  • Jadikanlah orang-orang yang jujur sebagai saudara dan hiduplah damai bersama mereka. Sungguh mereka adalah perhiasan kebahagiaan hidup dan pelipur lara ketika berduka.
  • Janganlah sesekali mencela saudaramu jika sedang beruzur.
  • Hak para jiran tetangga adalah mendapatkan seluas-luasnya kebaikan darimu dan dan tidak pula menyakitinya.
  • Ajari dan didiklah anak-anak kalian dan sholatkanlah saudara seiman dan sedarah di antara kalian. Demi Allah, sungguh antara seorang dengan saudaranya terdapat sebuah penghalang, jika dia tahu penghalang itu, maka di rahim dia pasti mencabutnya.
  • Tinggalkanlah musuhmu dan waspadalah terhadap temanmu kecuali teman yang terpercaya, sebab orang kepercayaan adalah mereka yang takut kepada Allah.
  • Menemui saudara-saudara dapat meninggalkan sedih dan duka hati.
  • Bergaullah kalian dengan bermodalkan akhlak dan dekatilah mereka dengan amal ibadah.
  • Bersikap dan berkata jujurlah meski nyawa menjadi taruhannya.
  • Jangan tertipu dengan orang yang membaca Al-Quran tapi lihatlah apakah perilakunya sesuai dengan isi Al-Quran.
  • Kebajikan paling ringan adalah menujukkan wajah berseri-seri dan mengucapkan kata dengan lemah lembut.

 

Kata bijak Umar bin Khattab tentang pemerintahan

Kata Bijak Umar Bin Khattab

“Ketahuilah bahwa setiap orang yang diberi amanah mengurus kaum muslimin harus berperilaku layaknya seorang budak kepada tuannya, memberi nasehat dan menjalankan amanah sebaik-baiknya.”





“Orang yang baik harus mampu menjadi pemimpin bagi orang yang jahat.”





“Jika saya menerima laporan dan berita bahwa pegawai atau bawahanku telah berbuat zalim kepada orang lain, lantas saya sendiri acuh tak acuh berarti saya juga telah berbuat zalim.”





 

Kata bijak Umar bin Khattab tentang menuntut ilmu

  • Cari dan pelajarilah keterampilan dan bakat karena akan ada masanya ia dibutuhkan.
  • Tuntutulah ilmu dan belajarlah darinya tentang ketetntraman serta lemah lembut. Bersikap rendah hatilah kepada guru-gurumu supaya kelak murid-muridmu juga berbuat demikian. Jangan pernah menjadi ulama yang merasa hebat, kuat dan merasa dirinya paling benar karena ilmu tidak akan melekat pada kesombongan.
  • Tuntutlah ilmu dan pelajarilah dari ilmu itu tentang ketentraman dan kelemah lembutan.
  • Raihlah ilmu dan untuk meraihnya belajarlah dengan tenang dan penuh kesabaran.
  • Manusia yang berakal adalah mereka yang suka menerima dan meminta nasehat.
  • Didiklah anak-anakmu berlainan dengan keadaanmu sekarang, karena Tuhan telah menjadikan zamak berbeda dengan zamanmu.

 

Kata bijak Umar bin Khattab tentang perempuan

Kata Bijak Umar Bin Khattab

“Wanita bukan pakaian yang bisa kamu kenakan dan tanggalkan sesuka hati, sebab wanita itu terhormat dan memiliki hak. “





 

Kata bijak Umar bin Khattab penuh nasehat

Kata Bijak Umar Bin Khattab

  • Aku tidak suka tetap di dunia ini kecuali karena tiga hal; pertama, tempat dimana aku bisa meletakkan kening di tanah untuk bersudu kepada Allah SWT; kedua, tempat berkumpulnya orang-orang berilmu, dimana aku bisa duduk bersama mereka untuk mendapatkan nasehat yang baik, sebagaimana dipetiknya buah yang ranum; ketiga, berjihad di jalan Allah SWT.
  • Biasakanlah diri dengan kesusahan karena kesenangan itutidak kekal selamanya.
  • Jangan berlebihan dalam mencintai sehingga menjadi keterikatan, jangan pula berlebihan dalam membenci sehingga membawa kbinasaan.
  • Jagalah shalatmu karena apabila kamu kehilangan shalat, maka kamu akan kehilangan segalanya.
  • Seandainya terdapat jalanan yang rusak dan seekor keledai jatuh terperosok, aku sangat khawatir karena pasti Allah akan bertanya, “Mengapa engkau tidak meratakan jalanan itu untuknya?”
  • Jangan sekali-kali berburuk sangka dari kata-kata baik dari mulut saudaramu, sementara kamu masih bisa menemukan makna lain yang jauh lebih baik.
  • Dari begitu banyak sahabat, aku tidak menemukan sahabat yang lebih baik dari menjaga lidah. Aku memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak sekalipun menemukan pakaian yang lebih indah daripada takwa. Aku merenungi tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasehat yang baik. Aku lalu mencari segala bentuk reseki, tapi tidak menemukan reseki yang lebih baik daripada sabar.
  • Cara terbaik untuk mengalahkan seseorang adalah dengan kesopanan.
  • Orang yang banyak ketawa itu akan berkurang wibawanya, orang yang suka menghina orang lain suatu saat nanti juga akan dihina, dan orang yang mencintai akhirat, dunia pasti mengikutinya.

 

Kata bijak umar bin khattab tentang cara berperilaku

Kata Bijak Umar Bin Khattab

“Kehormatan dan martabat di dunia diukur dengan kekayaan, semntara kehormatan dan martabat di akhirat kelak diukur dari perbuatan yang baik.”





“Kepercayaan adalah bahwa seharusnya tidak ada perbedaan terhadap apa yang kamu lakukan, katakan, serta yang kamu pikirkan.”





“Saya memikirkan semua jenis kekayaan tapi tidak dapat menemukan kekayaan yang jauh lebih baik daripada kepuasan terhadap yang sedikit. “





“Sesungguhnya orang yang paling bijaksana adalah ia yang mampu mempertanggung jawabkan tindakannya.”





“Melakukan kebaikan untuk kebaikan yang dilakukan kepadamu adalah bentuk pelunasan, sementara melakukan kebaikan untuk kejahatan yang telah dilakukan kepadamu adalah suatu kebajikan yang luar biasa. “





“Sedikit berbicara adalah kebijaksanaan, makan lebih sedikit adalah sehat, beraur lebih sedikit dengan orang-orang akan lebih tenang dan aman.”





“Ketika niat seseorang disertai dengan ketulusan, Tuhan akan mencukupi kebutuhannya, melindunginya dan membimbingnya dalam urusannya terhadap orang banyak. “





“Terkadang orang yang masa lalunya buruk mampu menciptakan masa depan yang terbaik.”





“Jangan lupa dengan dirimu sendiri ketika memberi nasehat kepada orang lain.”





“Semakin sedikit keterikatanmu dengan dunia, maka hidupmu akan semakin terasa mudah. “





“Tidak ada rasa bersalah yang mampu mengubah masa lalu, dan tidak ada rasa khawatir yang bisa mengubah masa depan. “





 

Gambar Kata bijak umar bin khattab

Kata Bijak Umar Bin Khattab

Kata Bijak Umar Bin Khattab

Kata Bijak Umar Bin Khattab

Demikianlah kata-kata bijak dari Umar bin Khattab. Semoga menjadi nasehat yang bisa bermanfaat dalam menjalani kehidupan, baik sebagai pemimpin, penuntut ilmu, bahkan semua kalangan umat islam. Allah telah menyediakan petunjuk, tinggal sikap kita dalam mengaplikasikannya. Bersedia menerima atau menolak, bersedia taat atau ingkat, itu adalah pilihan. Setiap pilihan memiliki resiko yang harus siap dipertanggung jawabkan. Selamat membaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *