kata kata ali bin abi thalib

Kata Mutiara Ali Bin Abi Thalib Tentang Kehidupan

Kata Mutiara Ali Bin Abi Thalib – Ali bin Abi Thalib merupakan salah seorang pemeluk agama islam pertama. Beliau juga termasuk keluarga Nabi Muhammad, dia adalah sepupu sekaligus menantu Rasulullah SAW. Ali pernah menjabat sebagai salah seorang khalifah pada tahun 656 sampai 661. Ali sudah tinggal bersama Nabi dan mendapatkan pengajaran langsung  sejak ia kecil . Ilmu dan wawasannya yang luas membuatnya mendapat julukan “babul ilmu” yang berarti gerbangnya ilmu.

Selain cerdas, Ali bin Abi Thalib juga terkenal dengan sikapnya yang pemberani, sederhana dan rendah hati. Ia menempati posisi istimewa di antara sahabat-sahabat Rasulullah SAW lainnya dan hubungan itu semakin erat setelah menikahi Fatimah. Ada banyak kata bijak penuh dengan hikmah dan nasehat yang pernah diucapka beliau semasa hidupnya. Berikut ini kata-kata bijak yang sangat indah dan menginspirasi dari beliau:

 

Kata Mutiara Ali Bin Abi Thalib 1 – 10

 
kata kata ali bin abi thalib

“Janganlah kau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tidak suka mendengarnya jika orang lain yang mengucapkannya kepadamu.”




 

“Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan di dalam hidup dan yang paling pahit adalah berharap kepada manusia.”




 

“Kesabaran itu ada dua macam; sabar atas sesuatu yang tidak kau inginkan dan sabar menahan diri dari sesuatu yang tidak kau inginkan.”




 

“Tidak perlu menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, sebab yang menyukaimu tidak butuh itu dan yang membencimu tidak percaya itu.”




 

“Barangsiapa yang mencoba menyalakan api fitnah, maka dia sendiri yang akan menjadi bahan bakarnya. “




 

“Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang itu ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang, maka seluruh tubuh akan busuk. Jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.”




 

“Angin tidak berhembus hanya untuk menggoyangkan pepohonan, melainkan hanya untuk menguji kekuatan akarnya.”




 

“Hati manusia seperti binatang buas, barangsiapa yang berusaha menjinakkannya, akan diterkamnya. “




 

“Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik.”




 

“Jadilah seperti bunga yang memberi keharuman bahkan kepada tangan yang telah menghancurkannya.”




 

Kata Mutiara Ali Bin Abi Thalib 11 – 20

 
kata kata ali bin abi thalib

“Jangan membenci siapapun, tidak peduli berapa banyak ia telah berbuat kesalahan kepadamu. Hiduplah dengan rendah hati, tidak peduli seberapa banyak kekayaanmu. Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu. Berikanlah banyak, meskipun menerima sedikit saja. Tetaplah berhubungan dengan orang-orang yang telah melupakanmu, dan maafkan yang telah berbuat salah padamu. Jangan berhenti berdoa untuk yang terbiak bagi orang-orang yang kau cintai.”




 

“Tubuh mampu dibersihkan dengan air. Jiwa dibersihkan dengan air mata. Akal akan dibersihkan dengan pengetahuan dan jiwa dibersihkan dengan cinta.”




 

“Jangan menganggap diamnya seseorang sebagai sikap sombongnya, bisa jadi dia hanya sibuk bertengkar dengan dirinya sendiri.”




 

“Jangan biarkan hatimu berlama-lama larut dalam kesedihan masa lalu, atau kamu tidak akan pernah siap menghadapi apa yang akan terjadi.”




 

“Orang yang suka berkata jujur akan memperoleh tiga hal; kepercayaan, cinta dan rasa hormat.”




 

“Kezaliman akan terus ada, bukan karena banyaknya orang-orang jahat tapi karena diamnya orang-orang baik.”




 

“Manusia yang paling lemah adalah ia yang tidak mampu mencari teman. Tapi yang lebih lemah ialah yang mendapatkan banyak teman tapi menyia-nyiakannya.”




 

“Apabila akal kurang sempurna, maka kurangilah berbicara.”




 

“Ilmu tanpa akal ibarat memiliki sepatu tanpa kaki. Akal tanpa ilmu ibarat memiliki kaki tanpa sepatu. “




 

“Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi.”




 

Kata Mutiara Ali Bin Abi Thalib 21 – 30

 
kata kata ali bin abi thalib

“Telanlah amarahmu sebab kau tidak akan pernah menemukan minuman yang dapat meninggalkan rasa lebih manis dan lezat daripada itu.”




 

“Lidah orang yang berakal berada di belakang hatinya, sedangkan hati orang yang bodoh berada di belakang lidahnya.”




 

“Adakalanya yang sedikit lebih memperoleh berkah daripada yang banyak.”




 

“Memuji seseorang lebih daripada yang ia berhak menerimanya itu sama saja menjilatnya. Tapi melalaikan pujian bagi orang yang berhak menerimanya itu menunjukkan kebodohan dan kedengkian.”




 

“Ilmu itu lebih baik daripada harta. ilmu menjaga engkau dan engkau yang menjaga harta, ilmu itu penghukum dan harta terhukum. Harta akan berkurang apabila dibelajakan, tapi ilmu akan bertambah bila dibelajakan.”




 

“Berbahagialah orang yang dapat menjadi tuan bagi dirinya, menjadi pemandu untuk nafsunya dan menjadi kapten untuk bahtera hidupnya.”




 

“Orang yang hanya memikirkan kepentingan perutnya saja, maka harga dirinya serupa dengan apa yang keluar dari isi perutnya.”




 

“Barangsiapa menempatkan dirinya di tempat yang mencurigakan, maka janganlah ia menyalahkan orang yang berburuk sangka padanya.”




 

“Ada dua jenis manusia yang tidak akan pernah merasa kenyang selama-lamanya, mereka adalah pencari ilmu dan pencari harta.”




 

“Setiap nafas seseorang adalah sebuah langkah menuju ajalnya.”




 

Kata Mutiara Ali Bin Abi Thalib 31 – 44

 
kata kata ali bin abi thalib

“Tidak ada gunanya seorang penolong tapi selalu menghina atau teman yang selalu berburuk sangka.”




 

“Jadilah orang yang dermawan tapi jangan menjadi pemboros dan jadilah orang yang hidup sederhana, tetapi jangan menjadi orang kikir.”




 

“Orang yang paling mampu menghukum adalah ia yang paling mampu memaafkan.”




 

“Sesungguhnya keberanian seseorang sesuai dengan kadar kemampuannya dalam menolak perbuatan jahat.”




 

“Jangan mengikuti mayoritas, tapi yang harus diikuti adalah jalan kebenaran. Hiduplah layaknya seorang pengembara, tinggalkan setiap kenangan manis di belakangmu. Sesungguhnya kita hanyalah tamu dan setiap tamu harus segera pergi.”




 

“Tidak ada yang bisa menjaga rahasiamu sebaik dirimu sendiri, maka jangan salahkan siapapun orang yang mengungkapkan rahasiamu karena kamu sendiri yang tidak bisa menjaganya. Rahasiamu adalah tawananmu, yang jika dilepaskan akan berbalik menjadikanmu tahanan.”




 

“Seseorang belum bisa dianggap sebagai teman sampai ia diuji dalam tiga kesempatan; di saat membutuhkannya, di belakangmu, dan setelah kematianmu.”




 

“Kehidupan itu hanya ada dua hari. Satu hari untukmu dan satu hari lagi melawanmu. Ketika ia untukmu, jangan bangga dan gegabah dan pada saat ia melawanmu, bersabarlah. Keduanya hanyalah sebuah ujian.”




 

“Abaikan rasa sakit, atau kamu tidak akan pernah merasa bahagia.”




 

“Berikan ribuan kesempatan kepada lawan untuk menjadi kawan, tapi jangan pernah memberi satu kesempatan kepada kawan untuk menjadi lawan.”




 

“Aku akan terus bersabar, bahkan sampai kesabaran itu sendiri yang kelelahan menghadapi sabarku.”




 

“Jagalah dirimu dari sifat marah, sebab kemarahan itu dimulai dengan kegilaan dan hanya akan berakhir dengan penyesalan.”




 

“Jangan pernah merasa kesepian di atas jalan kebenaran hanya karena sedikitnya orang yang berada di sana.”




 

“Betapa terhormatnya ilmu, bahwa orang yang tidak memilikinya tetap mengatakan bahwa ia berilmu dan betapa tidak tehormatnya kebodohan, bahwa orang yang memilikinya mengatakan bahwa ia tidak bodoh.”




 

kata kata ali bin abi thalib
 
Itulah beberapa kata bijak Ali bin Abi thalib, semoga memberi manfaat kepada semua pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *